16 Teknik SEO Terbaik yang Efektif Tingkatkan Traffic Website

Teknik SEO adalah salah satu cara penulisan artikel konten, yang dapat meningkatkan peluang website berada pada peringkat rekomendasi pertama pada SERP. Hal tersebut mungkin terjadi karena penulisan SEO sangat Google minati, sehingga menerapkan SEO yang benar dapat membantu proses indexing lebih cepat.

Bagi pebisnis dan pengelola website yang memahami SEO dan menerapkannya, berada di peringkat pertama bukanlah mimpi semata. Tak heran, Anda wajib mempelajari cara membuat artikel konten dengan beberapa teknik SEO terbaik di bawah ini! 

16 Teknik SEO Terbaik

Agar dapat merasakan manfaat SEO pada peningkatan traffic pengunjung, Anda harus menggunakan teknik terbaik. Melalui teknik yang tepat, Anda pasti bisa mengembangkan potensi website menjadi lebih unggul lagi. Berikut adalah beberapa contoh teknik yang dapat Anda terapkan:

1. Gunakan Plugin SEO yang Tepat

Bagi seorang pengembang website, khususnya bagi pengguna WordPress, pastinya sudah tidak asing dengan penggunaan plugin. Selain membuat website lebih powerfull, plugin yang tepat mampu meningkatkan efisiensi penggunaan website menjadi lebih optimal

Khususnya plugin SEO yang membantu mengirimkan dan memperbarui sitemap untuk memudahkan SERP mengidentifikasi konten yang Anda buat. Plugin SEO juga dapat membantu para penggunanya merekomendasikan konten artikel sesuai ketentuan SEO yang Google inginkan.

Bahkan beberapa plugin SEO juga akan sangat membantu teknik SEO yang Anda jalankan, karena banyak kegunaan dan otomatisasi sesuai layanan yang diberikan. Beberapa plugin juga dapat membantu analisa keyword, membantu urusan redirect, dan juga membuat breadcrumbs.

2. Setting Sitemap

Pada dasarnya, sitemap adalah faktor penting dalam proses indexing Google. Karena dengan membuat pemetaan proses crawling akan lebih cepat. Sehingga proses acc indexing dari Google juga bisa semakin cepat. Halaman ini memuat seluruh informasi terkait struktur website yang Anda miliki.

Umumnya, untuk memudahkan proses crawling Anda bisa membuat jenis sitemap XML maupun HTML. Namun, Anda juga perlu membuat berbagai jenis lainnya. Contohnya seperti sitemap gambar, video, dan juga berita. Sehingga pengunjung juga akan terbantu untuk memahami navigasi website Anda.

Dalam metode SEO, sitemap bisa jadi penentu website Anda berkembang atau tidaknya. Oleh sebab itu, para pengelola website akan melakukan update sitemap sesaat setelah artikel atau komponen website baru berhasil di buat.

3. Setting File “robots.txt”

Selain mengatur peta situs Anda juga perlu melakukan pengaturan pada file “robot.txt” pada website yang Anda kelola. File “robot.txt” adalah berbagai instruksi bagi bot mesin pencari dari Google untuk meningkatkan performa crawling website dari SERP.

Walaupun sebenarnya bot Google masih bisa berjalan tanpa adanya file ini, namun dengan mengatur file ini performa indexing akan lebih kencang. Walaupun mengaktifkan file ini akan mengizinkan indexing ke seluruh konten dan berbagai bagian website, bahkan yang seharusnya Anda sembunyikan.

Agar dapat menjalankan teknik SEO ini, Anda harus memahami aturan dasar, di mana posisi file ini dan bagaimana cara mengaktifkannya. Karena Anda bisa mengaktifkannya dengan cara manual dan juga menggunakan berbagai plugin SEO.

4. Setting Meta Tag

Tips berikutnya yang harus Anda lakukan melakukan setting meta tag pada artikel atau konten yang Anda publish. Pengaturan meta ini akan membantu SERP menemukan dan menyarankan web Anda untuk keyword yang pengunjung cari pada kolom pencarian.

Meta tag sendiri sebenarnya merupakan deskripsi singkat yang mencakup intisari dari konten yang Anda buat. Mudahnya, meta tag ini adalah rangkuman dari artikel yang Anda buat pada sebuah konten website.

Fungsi utama dari melakukan setting meta tag adalah untuk memudahkan SERP melakukan indexing pada setiap konten yang Anda publish. Secara sederhana, metode SEO ini akan mencocokkan kata kunci dengan isi konten. Sehingga, membuat meta tag pastinya sangat membantu proses pemuatan data saat crawling dan indexing.

5. Integrasi dengan Google Analytics

Hal paling penting dalam mengembangkan sebuah website adalah dengan melakukan analisa mendalam pada performa website. Cara terbaik untuk mendapatkan analisa tersebut adalah melakukan integrasi dengan Google analytics. 

Karena dengan platform tersebut Anda bisa melihat berbagai data penting seperti akuisisi, perilaku, dan waktu audiens melihat konten di website yang Anda kelola. Bahkan teknik SEO ini juga menjadi tools dalam membantu cara riset keyword untuk artikel yang Anda buat.

Agar dapat mengintegrasikan website dengan platform ini, Anda bisa lakukan dengan cara yang mudah. Anda hanya perlu login atau sign up ke Google Analytics dengan website yang Anda kelola. Agar dapat mengelolanya Anda bisa membuka menu “akun/properti/tampilan” pada sidebar admin.

Anda bisa melakukan penyesuaian pada dashboard maupun laporan yang masih bisa Anda kustom lagi. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan template laporan untuk menggunakan kontrol filter pada laporan, tampilkan diagram, hingga mengubah rentang tanggal pada analisa yang Anda inginkan.

6. Integrasi dengan Google Search Console

Google Search Console adalah webmaster tool yang dapat mengoptimalkan proses tracking dan juga proses crawling dari SERP. Bahkan, platform ini juga sangat membantu dalam berbagai hal, khususnya pada proses indexing Google.

Dalam platform ini, Anda juga bisa melakukan berbagai aktifitas dengan bantuan fitur yang cukup lengkap. Mulai dari riset keyword, riset pengunjung, submit sitemap, tracking kinera robot.txt, dan berbagai kegiatan lainnya.

7. Menggunakan SSL

Agar dapat menerapkan teknik SEO terbaik, Anda juga perlu memikirkan keamanan website seperti menerapkan dan memaksimalkan penggunaan SSL untuk website. Karena pada dasarnya SSL adalah teknologi yang akan membantu meningkatkan keamanan koneksi melalui enkripsi pada protokol transfer data.

Sertifikasi SSL akan meningkatkan keamanan website, hingga menjaga berbagai informasi sensitif pada proses transfer data. Bahkan, teknologi ini juga menyediakan otentikasi. Sehingga dapat melindungi data dari bentuk pemalsuan dan pencurian data.

Cara kerja proses enkripsi pada sertifikasi SSL adalah penggunaan kriptografi pada kunci publik. Kunci itulah yang akan sistem enkripsi gunakan untuk melakukan pengacakan, sehingga akan sulit terlacak. Setelah transfer berhasil, kunci tersebut akan dikembalikan kembali, sehingga yang memiliki kunci hanya yang menerima saja.

8. Meningkatkan Kecepatan Website

Teknik SEO adalah cara untuk membuat pengguna nyaman ketika menggunakan website yang Anda kelola, sehingga proses terpenting harusnya adalah meningkatkan kecepatan website. Cara mempercepat loading website sendiri bisa Anda lakukan dengan berbagai cara, khususnya mengurangi beban dari website.

Anda bisa mulai dengan melepas pemasangan plugin yang tidak optimal, optimasi penggunaan database, kompress media, dan upload ulang gambar yang ukurannya terlalu besar. Beberapa pengelola web juga akan memasang plugin caching yang dapat mempercepat loading web yang Anda kelola.

9. Membuat Schema Markup

Pada dasarnya, schema markup adalah sebuah perintah dari rentetan kode berisi informasi penting yang SERP butuhkan. Ketika menyajikan informasi terperinci (snippet) yang SERP butuhkan, maka proses crawling akan lebih cepat dan tepat sasaran.

Fokus teknik SEO dengan pembuatan schema markup ini adalah menggunakan tampilan informasi konteks menjadi satu kesatuan website. Mudahnya, dengan schema markup ini, Anda akan membantu bot pencarian Google agar lebih mudah memahami konten yang Anda buat.

Jika Anda pernah mencari sebuah kata kunci, lalu muncul beberapa informasi singkat disebelah kanan layar Anda maka hal itulah tampilan dari schema markup yang Anda buat. Penerapan schema ini terkenal cukup efisien untuk meningkatkan trafik pengunjung.

Bahkan, melalui treatment yang tepat, akan memberikan dampak positif pada perkembangan dan kredibilitas dari bisnis atau brand yang Anda kelola. Anda bisa menggunakan berbagai jenis schema, seperti organisasi.

10. Riset Keyword 

Bagi Anda yang masih meremehkan pentingnya riset keyword, besar kemungkinan web yang Anda kelola belum pernah berada di puncak pencarian dalam jangka waktu yang lama. Karena bagaimana cara riset keyword yang Anda lakukan, akan memengaruhi kinerja konten yang Anda buat.

Oleh karena itu, bagi Anda yang ingin menerapkan teknik SEO pada web yang Anda kelola, maka riset kata kunci adalah hal pertama yang harus Anda lakukan. Anda harus tahu momen dan timing dalam pembuatan artikel, hal ini berkaitan tentang topik viral yang akan Anda bahas dalam artikel.

Semakin dalam Anda melakukan riset, maka akan semakin besar peluang muncul di halaman pertama. Apalagi kini Anda bisa menggunakan bantuan berbagai platform hingga plugin SEO yang pastinya dapat membantu meningkatkan kedalaman riset kata kunci.

11. Optimasi Heading

Selain membuat artikel yang baik, Anda juga perlu memperhatikan penggunaan heading HTML dari website Anda. Elemen heading pada website yang Anda kelola sangat penting, karena hal ini menjadi salah satu yang akan pengunjung perhatikan dalam keseluruhan website.

Tak heran, Anda harus mengoptimasi penggunaan heading pada web yang Anda kelola. Beberapa pengelola website biasanya akan memasang profil perusahaan, promo terbaru yang masih berlaku, hingga berbagai produk yang perusahaan pasarkan untuk menarik perhatian.

Menambahkan berbagai widget dan memperbaiki tampilan heading juga dapat membantu website terlihat lebih profesional. Sehingga pengunjung akan lebih aware dan tertarik untuk mengunjungi website yang Anda kelola.

Dalam teknik SEO, tak cukup jika hanya melakukan optimasi pada heading. Karena Anda juga perlu mengoptimasi internal link pada setiap konten yang Anda buat. Tak hanya asal memasang link tautan pada konten yang Anda buat, namun Anda harus menentukan dan menemukan kata kunci dengan artikel yang sesuai.

Bahkan pembuatan anchor juga jadi kunci untuk meningkatkan performa backlink yang Anda buat dalam mendatangkan trafik. Selain itu, kuantitas internal link juga harus Anda perhatikan. Walaupun efektif, bukan berarti Anda harus membuat banyak backlink dalam satu artikel.

Bukannya efektif, hal tersebut malah akan membuat audiens tidak nyaman. Selain itu, membuat terlalu banyak internal link juga dapat mempengaruhi penilaian SERP pada konten yang Anda buat. 

13. Optimasi Gambar

Cara optimasi SEO berikutnya adalah menambahkan gambar yang relevan dan mendukung penilaian Google pada konten yang Anda buat. Contohnya, jika Anda memasukkan sebuah kata kunci pada kolom pencarian, salah satu hal yang sering muncul adalah image SEO terkait kata kunci tersebut.

Tak heran kenapa Anda harus menambahkan optimasi gambar untuk menghasilkan sumber tambahan bagi para pengguna melalui gambar. Hal paling penting dalam menambahkan image SEO adalah gambar yang relevan serta free license jika Anda mengutip dari sumber tertentu.

Tujuannya adalah menghindari masalah hukum, terkait hak cipta dan hak penggunaan sebuah karya. Selain itu, Anda juga harus memasukkan nama, alt text, dan juga caption dengan lengkap. Sehingga, gambar juga akan mengandung informasi dari konten yang Anda buat.

14. Buat Konten Berkualitas 

Dari semua poin pengaplikasian SEO yang tepat, pastinya harus Anda imbangi dengan pembuatan konten yang berkualitas. Karena aspek inti untuk dapat menarik minat pengunjung pada konten yang Anda buat adalah memberikan solusi atau informasi yang benar-benar pengunjung cari.

Selain itu, pembuatan artikel juga tak bisa asal-asalan, setiap struktur, karakteristik, gaya penulisan, dan teknik penulisan juga harus terdeklarasi dengan tepat sasaran. Apalagi, tujuan dari penerapan teknik SEO adalah untuk membuat artikel lebih berkualitas dari persepsi Google juga bagi para pengunjung website Anda.

Anda juga harus membuat artikel yang mudah pembaca pahami, lengkap, bisa dipertanggungjawabkan, dan tentunya harus sesuai search intent website. Tak heran mulai dari riset kata kunci, memahami audiens, menentukan jenis konten, hingga penulisan harus Anda eksekusi dengan matang.

15 Konsisten dan Rutin Update Artikel

Selain secara teori dan teknik, ada hal lain yang juga cukup penting dalam pengembangan website. Hal tersebut adalah konsistensi dalam update artikel, sehingga website bisa terus hidup dan menyajikan info terbaru.

Cara ini cukup efektif, mengingat Google lebih suka website yang aktif dalam publishing artikel. Oleh karena itu, menanamkan jiwa disiplin adalah hal yang penting. Selain itu, rutin update artikel juga bisa menjadi habit baik yang dapat meningkatkan kredibilitas website sekaligus bisnis yang Anda jalankan.

Walaupun bagi sebagian orang konsistensi update artikel dapat menjadi momok paling membosankan bahkan sulit untuk dilakukan, Anda tetap harus melakukannya. Karena konsistensi dan rutinitas akan jadi amunisi terbaik untuk meningkatkan trafik web Anda.

Baca Juga: Pentingnya Rutin Update Artikel, Apa Saja Manfaatnya?

16. Lakukan Off Page Optimization

Agar dapat menerapkan SEO dengan tepat sasaran, poin penting terakhir yang perlu Anda terapkan adalah melakukan off page SEO optimization. Hal yang bisa Anda lakukan adalah dengan melakukan link building dan rajin share artikel terbaru di berbagai forum atau media sosial yang Anda jalankan.

Hal tersebut sangat penting karena memiliki dampak signifikan pada rating, mengingat peluang pengunjung baru untuk membuka website akan lebih besar saat Anda membagikannya ke media sosial. Bahkan hal ini dapat menjadi titik balik di mana website Anda bisa menjadi top rekomendasi dari pencarian Google.

Walaupun teknik ini terbilang cukup efisien, namun Anda perlu waspada saat menerapkannya. Karena melakukan off page SEO terbilang cukup tricky. Sebab, Anda bisa saja dilaporkan sebagai SPAM dan akibatnya akan akan mengalami penurunan peringkat bahkan dapat terjadi deindex sebagai hukumannya.

Anda Siap Membuat Konten dengan Teknik SEO Terbaik?

Nah, itulah 16 teknik SEO yang bisa Anda terapkan untuk meningkatkan trafik pengunjung pada website yang Anda kelola. Memang terlihat ribet dan cukup sulit, namun hal tersebut cukup efektif untuk kelangsungan bisnis. Bagaimana, siap menerapkan berbagai teknik di atas untuk website bisnis Anda?


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *