Apa itu Session dalam SEO? Ini Penjelasannya Secara Lengkap!


2 min read

Pada dasarnya, session adalah metrik utama dalam tools penentu SEO website. Melalui metrik ini, nantinya Anda akan mendapat kumpulan informasi yang berfungsi sebagai alat ukur SEO serta penentu strategi digital marketing. Jadi, dapat dikatakan metrik ini adalah aspek landasan yang akan menentukan peringkat website.

Selain itu, metrik ini juga dapat menentukan durasi terkait seberapa lama para pengunjung situs mengakses website Anda. Nantinya, metrik ini akan menampilkan siapa saja dan durasi waktu ketika pengunjung sekali mengklik tautan yang menuju web Anda. Penasaran tentang metrik SEO ini? Mari simak selengkapnya!

Apa itu Session SEO?

Berdasarkan kutipan dari PPC Expo, metrik session adalah kelompok interaksi data yang tercatat ketika audiens mengunjungi sebuah situs web. Kemudian, catatan data ini akan terkumpul berdasarkan periode dan jangka waktu tertentu.

Jadi, data insight yang tampil dalam bentuk session akan dihitung mulai dari saat pengguna mengunjungi situs tersebut dan berakhir ketika mereka meninggalkan situs. Perhitungan ini akan berakhir berakhir jika dalam waktu 30 sampai 40 menit, audiensĀ  tersebut tidak aktif atau tidak melakukan aktivitas apapun dalam situs web.

Selain itu, metrik ini juga akan tereset otomatis pada pukul 00.00 pagi. Kemudian, akan mulai menghitung ulang terkait data pengunjung serta durasi kunjungan untuk hari selanjutnya. Artinya, perhitungan ini akan menampilkan hitungan durasi audiens per hari untuk kemudian mengkalkulasinya dalam bentuk metrik inti.

Fungsi dari perhitungan metrik sesi pengunjung ini juga sangat luas dan fleksibel. Artinya, metrik ini tidak hanya berfungsi untuk mengetahui seberapa banyak jumlah pengunjung web Anda saja. Namun, metrik ini juga akan memberikan gambaran perhitungan klik yang dapat Anda jadikan acuan dalam optimasi struktur SEO situs.

Perbedaan Session dan Unique Pageview

Setelah mengetahui definisinya, Anda mungkin berpikir bahwa metrik ini serupa dengan tools Unique Pageview. Namun, ternyata terdapat perbedaan yang sangat mencolok antara kedua metrik dalam kaidah dan struktur SEO website.

Pada dasarnya, session website adalah sebuah metrik yang menggambarkan satu perhitungan kunjungan yang menuju ke situs web Anda. Perhitungan ini mencakup seberapa lama, aktivitas apa, serta apa saja yang dilakukan oleh audiens tersebut saat mengunjungi situs Anda. Kemudian, perhitungan ini terkemas dalam satu sesi.

Jadi, jika pengunjung situs tersebut pergi lalu mengaksesnya kembali, hal ini tidak terhitung dalam metrik sesi lama. Akan tetapi, perhitungan ini akan tereset dan membuat sesi baru dengan user yang baru pula. Kemudian, sesi ini akan tidak aktif secara otomatis jika dalam 30 menit audiens tidak aktif dalam situs Anda.

Sedangkan unique pageview adalah jumlah perhitungan sesi ketika halaman web dilihat oleh audiens. Jadi, ketika pengunjung melihat halaman situs Anda lebih dari satu kali dalam satu sesi, maka akan tetap terhitung sebagai satu sesi dalam metrik unique pageviews.

Dengan kata lain, metrik unique pageviews hanya akan menghitung jumlah satu pengunjung untuk satu kali sesi. Sederhananya, ketika Anda membaca artikel tentang session ini berkali-kali, maka perhitungan unique pageviews untuk kunjungan Anda akan tetap terhitung dalam satu sesi unique pageviews saja.

Mengapa Anda Perlu Menghitung Session?

Mengapa metrik ini sangat penting untuk Anda hitung? Perhitungan metrik session website adalah hal yang perlu Anda lakukan untuk mengevaluasi struktur situs web. Selain itu, ini juga sangat penting sebagai acuan strategi marketing website dan kaidah SEO dalam situs web Anda agar menjadi lebih optimal.

Misalnya, jika situs Anda mendatangkan tiga session untuk satu audiens setiap harinya. Berarti konten pada situs Anda tergolong jenis konten menarik dan mampu membuat audiens ingin mengunjungi situs Anda. Karena jenis unggahan konten sangat mempengaruhi struktur SEO bagi situs Anda.

Akan tetapi, jika hanya satu atau dua orang pengunjung yang mengakses situs Anda per bulan. Maka, perlu Anda lakukan perbaikan guna meningkatkan struktur SEO dan model pembuatan konten yang menarik. Sehingga, ke depannya situs Anda jadi lebih berpotensi untuk tampil di urutan teratas mesin pencari.

Idealnya, semakin banyak dan semakin lama session SEO pada sebuah situs web, berarti semakin bagus juga kaidah serta struktur SEO di dalamnya. Selain itu, metrik ini juga dapat menjadi gambaran evaluasi struktur dan server web. Karena bisa saja penghitungan sesi pengunjung situs Anda sedikit, sebab servernya yang lemot.

Sudah Paham Apa itu Session dalam Struktur SEO ?

Itulah penjelasan lengkap tentang metrik session. Kesimpulannya, session adalah matrik perhitungan jumlah pengunjung serta durasi kunjungan akses. Fungsi metrik ini sangat penting bagi struktur situs web. Selain itu, metrik ini juga akan mempengaruhi nilai SEO situs untuk dapat tampil di urutan teratas mesin pencari!


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *