10 Cara Menjadi Copywriter yang Andal untuk Tingkatkan Penjualan

Bagaimana cara menjadi copywriter? Profesi ini sekarang banyak yang memerlukannya karena mampu menghadirkan banyak manfaat, terutama terkait marketing

Akan tetapi, profesi copywriter ini memerlukan banyak persiapan untuk benar-benar bisa menjadikan Anda penulis yang andal. Maka dari itu, informasi yang akan Anda baca ini akan sangat bermanfaat.

Begini Cara Menjadi Copywriter yang Berkualitas

Menjadi seorang copywriter tentu tidak bisa Anda wujudkan secara instan. Perlu ada proses yang harus Anda lalui sehingga kemampuan Anda perlahan akan terasah. Apalagi tulisan yang Anda buat nanti menjadi salah satu faktor penentu dalam meningkatkan penjualan.

Maka dari itu, bagi yang berniat menjadi seorang copywriter, maka kemampuan Anda harus benar-benar mumpuni. Tips menjadi copywriter berikut ini akan membantu.

1. Perbanyak Membaca

Jika hendak menjadi seorang copywriter andal memang harus terus belajar dan konsisten. Anda harus terus membaca baik melalui buku-buku atau penjelasan di website tertentu. Selain mendapatkan informasi lewat buku dan website, Anda juga perlu membaca majalah, surat kabar, dan lain-lain.

Intinya, Anda harus memperluas bacaan agar kemampuan dan wawasannya nanti juga semakin luas. Pada akhirnya, Anda akan membantu menghasilkan sebuah tulisan yang menarik dan memberikan dampak positif terkait topik yang Anda tulis tersebut.

2. Persiapan

Cara menjadi copywriter yang andal memang butuh banyak persiapan. Ibarat Anda akan menghidangkan masakan lezat, banyak bahan dan teknik yang Anda perlukan. Terdapat beberapa informasi yang Anda perlukan sebelum nanti menyusun sebuah contoh copywriting.

  • Pelajari deskripsi produk yang ingin Anda pasarkan.
  • Tujuan produk untuk konsumen.
  • Harga yang sesuai kantong target pasar.
  • Manfaat produk untuk audiens.
  • Kelebihan produk daripada milik kompetitor.
  • Tunjukkan hal unik dan spesial dari bisnis atau produk yang Anda promosikan. Misalnya sejarah, penghargaan, dan sebagainya.
  • Garansi yang Anda berikan ke audiens.
  • Penawaran produk pada waktu tertentu, misalnya diskon, hadiah, dan lain-lain.
  • Deadline promo.
  • Metode pemesanan serta pembayaran.

Informasi tersebut merupakan latar belakang dan umumnya tercantum pada sebuah brief sebelum mulai membuat copywriting. Mungkin juga ada informasi lainnya yang muncul ketika berdiskusi dengan tim sehingga hal-hal seperti ini tidak boleh Anda lewatkan.

3. Pelajari Iklan

Tips berikutnya dan juga sangat penting yaitu mempelajari berbagai contoh iklan di lingkungan sekitar. Anda mesti memperhatikan bagaimana cara iklan tersebut mempromosikan suatu produk. Lalu Anda juga perlu menganalisis kira-kira apa yang menjadikan orang tertarik terhadap produk tersebut.

Lihat bagaimana teks atau copy pada iklan serta seperti apa polanya. Dengan mempelajarinya membuat Anda semakin paham bagaimana cara menerapkan tulisan terkait topik pemasaran yang Anda buat. Alhasil, tulisan Anda akan lebih menarik dan berpeluang besar memperoleh pelanggan.

Setelah Anda mengamati tulisan pada berbagai iklan, cara menjadi copywriter berikutnya yaitu mulailah menulis. Belajar menulis secara aktif akan menjadi cara yang efektif untuk mulai meningkatkan kemampuan.

Cobalah untuk menuangkan ide secara langsung baik lewat komputer, laptop, atau hanya memakai kertas dan pena. Melakukan hal ini dapat membuat Anda menemukan gaya penulisan Anda sendiri. 

Jadi, pada saat Anda memperoleh tugas untuk membuat copywriting, maka Anda dapat lebih mudah memasukkan ide maupun pikiran ke tulisan.

5. Membuat Swipe File

Bukan hanya sekadar menuangkan ide, Anda juga bisa menuliskan copy iklan yang menarik perhatian. Anda bisa mengumpulkannya pada sebuah swipe file. Ini merupakan istilah terkait kumpulan copy yang Anda anggap menarik dan memang berhasil menggerakkan para audiens untuk membeli produk.

Contohnya dapat berupa berbagai headline yang Anda anggap mampu menarik perhatian. Bisa juga berupa copy iklan yang mampu meningkatkan penjualan. 

Setelah Anda mengumpulkannya pada swipe file, sekarang waktunya untuk mempelajari tujuan, struktur, sampai penerapan dari teknik copywriting yang menarik.

Adanya swipe file tersebut juga sangat membantu ketika Anda harus mencari ide atau mencari inspirasi tulisan dengan topik yang tidak jauh berbeda dengan iklan yang Anda koleksi. Anda tinggal mempelajari seperti apa tulisan pada iklan tersebut sehingga Anda bisa menuangkan ide sesuai gaya penulisan Anda sendiri.

Cara menjadi copywriter selanjutnya adalah paham dengan bahasa-bahasa persuasif. Tulisan Anda diharapkan mampu mendorong calon konsumen atau audiens agar melakukan tindakan tertentu. 

Itulah mengapa Anda wajib memiliki kemampuan untuk menulis serta mengolah kata yang nantinya bisa berpengaruh terhadap tindakan pembaca.

Agar Anda dapat menyusun tulisan secara efektif, maka Anda harus paham seperti apa dasar penulisan persuasif. 

Banyak strategi yang perlu Anda pelajari sehingga Anda bisa menerapkan strategi yang tepat di dalam copy yang Anda buat nanti. Beberapa strategi tersebut misalnya penggunaan repetisi, perbandingan, storytelling, konsistensi, reasons why, dan sebagainya.

7. Mulai Membuat Headline yang Memikat

Kebanyakan audiens akan membaca tulisan dengan melihat headline atau judulnya terlebih dahulu. Jika judulnya menarik, kemungkinan besar mereka akan lanjut membaca isi tulisan. Sebaliknya, ketika judulnya sudah tidak menarik, maka kemungkinan besar mereka akan langsung melewatkan tulisan tersebut.

Di sini Anda harus bisa menghadirkan headline yang benar-benar mampu menarik perhatikan. Memang perlu kreativitas tinggi agar judul menarik bisa terwujud. Meskipun begitu, dalam praktiknya pun tidak sesulit yang Anda bayangkan.

Setidaknya terdapat beberapa trik yang Anda butuhkan untuk menghadirkan judul yang awalnya biasa saja menjadi lebih menarik, yaitu:

  • Buat pembaca agar segera membeli.
  • Jelaskan manfaat yang Anda tawarkan.
  • Cantumkan persentase.

Contoh sederhana copywriting adalah seperti ilustrasi berikut. Misalnya Anda ingin menerapkan judul “Cara Menghemat Waktu Kerja”. Ini tentu judul yang singkat dan terkesan kurang menarik. Namun Anda bisa mengubah struktur teksnya hingga menjadi “Kerja Cepat dan Efektif Hanya dengan 6 Trik Ini”.

Judulnya pun tidak terlalu singkat. Namun pembaca akan langsung tahu manfaat yang mereka dapatkan lewat tulisan Anda.

8. Buat Headline dengan Lead Menarik

Terkadang headline yang Anda buat sudah terlihat menarik. Akan tetapi, orang mungkin belum tentu ingin menyimak newsletter, artikel, atau tulisan yang Anda buat setelah membaca judulnya. Lalu apa yang mesti dilakukan

Baca Juga: 10 Jenis dan Contoh Headline Copywriting untuk Bisnis

Anda perlu memperhatikan paragraf pembuka atau lead. Buatlah semenarik mungkin dan memang ini juga menuntut seseorang mempunyai skill copywriting yang bagus. Beberapa cara yang membantu Anda dalam menghadirkan lead yang menarik dan susah untuk ditolak pembaca yaitu:

  • Tunjukkan empati.
  • Mulai dengan menghadirkan fakta.
  • Buat audiens penasaran.

9. Terapkan Bahasa yang Memberikan Kesan Akrab

Setiap orang yang ingin menjadi copywriter sudah pasti ingin menerapkan cara terbaiknya supaya menghasilkan tulisan yang menarik. Hal tersebut mencakup bahasa yang nanti mereka tuangkan pada tulisannya tersebut. Itu artinya, bahasa memengaruhi ketertarikan konsumen terhadap tulisan Anda.

Konsumen cenderung senang ketika mereka menemukan promosi produk yang menerapkan bahasa yang sederhana serta santai. 

Adapun bahasa yang santai tersebut merupakan bahasa yang seolah menunjukkan keakraban dengan konsumen. Pada akhirnya mereka pun mau melihat promosi yang Anda lakukan dan bukan tidak mungkin melakukan pembelian produk.

Di sini Anda perlu menggunakan kalimat yang kesannya santai dan tidak kaku. Misalnya ketika menyapa konsumen, Anda dapat memakai sapaan “Kamu”, “Sobat”, dan lain-lain. Tidak ada salahnya untuk menambahkan istilah gaul yang sesuai tren masyarakat, terutama ketika target Anda adalah anak-anak muda.

10. Tambahkan Quote

Anda juga bisa memasukkan quote atau kutipan pada copywriting yang Anda lakukan. Kutipan tersebut juga harus mudah dipahami oleh konsumen. Quote yang Anda masukkan nanti bisa berasal dari tokoh atau orang berpengaruh di masyarakat.

Tujuan pemberian kutipan ini akan membuat tulisan Anda terkesan lebih meyakinkan. Selain itu, kutipan yang Anda masukkan juga cenderung memberikan pengaruh cukup besar bagi para pembaca.

Meskipun demikian, pastikan kutipan tersebut sesuai dengan konsep dan tujuan promosi Anda. Jadi, konsumen pun tidak menganggap bahwa kutipan Anda terkesan dipaksakan.

Sudah Paham Cara Menjadi Copywriter?

Seperti itulah beberapa cara menjadi copywriter yang mesti Anda pelajari. Kesimpulannya, pembuatan copywriting perlu proses yang tak sedikit. Banyak persiapan dan hal yang mesti Anda pahami terlebih dahulu supaya tulisan Anda memberikan efek signifikan terhadap produk yang Anda pasarkan.

Akan tetapi, sekarang sudah ada jasa copywriting terpercaya dari Makinrajin. Melalui jasa tersebut, Makinrajin mampu menyesuaikan tone bisnis maupun produk Anda sehingga mampu membuat konsumen lebih tertarik untuk mengetahui produk dan melakukan pembelian.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *