Definisi, Cara Kerja, dan Fungsinya dalam SEO!


2 min read

Dalam optimasi SEO, canonical adalah aspek penting yang akan menentukan situs web dalam ranking mesin pencari. Fungsi tag ini dalam proses optimasi SEO juga cukup penting. Melalui tag ini, nantinya mesin pencari akan membaca situs Anda sebagai situs teroptimasi. Sehingga berpotensi muncul di urutan teratas. 

Selain itu, penggunaan tag ini dalam SEO adalah sebuah aspek krusial yang sangat berpengaruh dalam hasil SERP. Terutama dalam proses indexing konten web. Lantas, apa itu canonical SEO? Apa fungsi serta manfaatnya dalam struktur SEO website? Agar lebih jelas, mari simak dalam artikel ini sampai habis!

Apa itu Canonical URL?

Canonical URL adalah adalah sebuah snippet kode dalam bahasa HTML yang berfungsi menentukan versi halaman utama, serta proteksi terhadap duplikasi halaman yang serupa. 

Tag ini akan membedakan jenis konten yang  tersedia dalam sebuah URL situs yang berbeda. Sehingga, tag ini akan menampilkan versi asli konten tersebut agar dapat terindeks oleh SERP dalam mesin pencari. 

Selain itu, tag ini akan menggunakan sintak dalam bentuk yang sederhana dan konsisten. Kemudian, Anda dapat menemukan tag pada bagian dalam suatu halaman website. Gambaran tag tersebut adalah sebagai berikut :

Cara Kerja Canonical

Pada dasarnya, tag ini mempunyai cara kerja yang unik dalam memproses sebuah URL website dan mengelompokkan satu jenis konten dalam satu URL utama. Setelah mengelompokan URL tersebut, tag akan menentukan URL kanonis ada di konten utama agar mendapatkan visibilitas tinggi dan ranking di SERP.

Singkatnya, cara kerja tag ini, yaitu sebagai penanda terkait keaslian konten. Nantinya, tag berperan sebagai penanda yang akan memberitahu Google bahwa halaman situs yang Anda ajukan dalam SERP merupakan jenis konten unik. Tujuannya, agar konten tersebut tidak terbaca sebagai jenis konten duplikasi.

Sehingga penggunaan URL kanonis ini dapat membantu Google dalam mengambil, serta menggabungkan semua aspek ranking dari konten duplikasi ke dalam satu URL. Kemudian, Google akan menerjemahkan konten berdasarkan URL ini agar nantinya muncul sebagai konten asli dan berpotensi tayang di urutan teratas SERP.

Fungsi Canonical dalam Optimasi SEO

Berikut adalah fungsi utama dari tag canonical URL dalam proses optimasi SEO. Simak penjelasan lengkapnya:

1. Membantu Google dalam Proses Indexing Konten

Dalam proses optimasi SEO, duplikasi konten akan memberikan dampak buruk bagi halaman website Anda. Salah satu dampak buruknya, yakni halaman tersebut tidak akan muncul dalam SERP (Search Engine Results Page). Selain itu, duplikasi juga akan mengurangi nilai crawl budget dari konten tersebut.

Google tidak menyukai konten duplikasi karena akan menyulitkan pihak Google dalam proses indexing konten dalam mesin penelusuran. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk menggunakan tag kanonis ini. Sebab akan mencakup banyak sekali aspek serta struktur dalam kaidah SEO.

2. Mencegah Duplikasi Konten

Kedua, tag canonical SEO adalah tag yang berfungsi mencegah duplikasi konten. Jika Anda menggunakan tag ini, indexing pada mesin pencari akan membaca bahwa konten Anda original. Kemudian, tag ini akan mendefinisikan konten sebagai konten utama di antara konten lain dengan keyword yang sama.

Sehingga, jika ada website lain yang menduplikasi konten Anda, maka konten situs web lain tersebut akan terbaca Google sebagai duplikasi. Kemudian, konten duplikasi ini tidak akan muncul dalam urutan teratas mesin pencari.

3. Mengoptimasi Konten dalam Hasil SERP

Fungsi tag ini dalam kaidah SEO sangatlah penting, yakni sebagai tag yang akan mengoptimasi konten dalam hasil SERP (Search Engine Results Page). Singkatnya, tag ini akan menspesifikan link URL dari situs web yang Anda inginkan agar memiliki visibilitas tinggi. 

Kemudian, tag ini akan membantu Google membaca isi konten agar bisa tampil dalam urutan teratas ranking mesin pencari. Itulah mengapa menggunakan tag ini sangat penting, terutama bagi Anda yang ingin optimasi SEO jadi lebih spesifik.

4. Mempermudah Pelacakan Metrik dari Suatu Kata Kunci

Terakhir, canonical URL adalah tag yang berfungsi untuk mempermudah pelacakan metrik dari satu produk atau kata kunci. Artinya, secara spesifik mesin pencari akan menampilkan konten web Anda melalui struktur kata kunci yang terkait dengan keyword asli konten tersebut.

Gambarannya, jika Anda menggunakan kata kunci “cara optimasi SEO” pada konten Anda. Nantinya, situs akan secara otomatis teroptimasi sesuai dengan kata kunci lain yang berkaitan dengan keyword utama konten Anda. 

Sehingga, ketika audiens mengetik kata kunci lain yang berhubungan dengan kata kunci web Anda. Maka, web Anda akan tetap tampil dalam kata kunci lain tersebut.

Sudah Paham apa itu Canonical URL?

Itulah penjelasan lengkap tentang kanonis URL beserta fungsi dan cara kerjanya.  Intinya, canonical adalah sebuah tag yang berfungsi mendefinisikan orisinalitas suatu konten. Selain itu, tag ini juga penting dalam proses optimasi SEO, karena akan membantu Google melakukan proses indexing konten dalam mesin pencari.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *