Apa Itu Alt Text? Pengertian, Fungsi, dan Cara Kerjanya

Dalam membuat konten SEO, salah satu yang tidak boleh dilewatkan adalah alt teks. Alt text adalah sebuah cara agar mesin pencari dapat memahami isi gambar pada konten Anda. Dengan begitu, Anda bisa menghadirkan konten berkualitas serta SEO friendly. Bagi yang ingin tahu alt teks secara lebih detail, berikut pembahasannya.

Apa Itu Alt Text?

Alt text atau teks alternatif adalah sebuah teks alternatif yang isinya tentang informasi yang menggambarkan isi, tema, maupun situasi dari foto, gambar, tombol, dan grafik yang Anda unggah di website.

Pada antarmuka front-end, Anda tidak bisa membaca teks alternatif tersebut. Akan tetapi, pada saat website tidak sedang loading atau ketika website memerlukan waktu lama untuk loading, Anda bisa melihat teks ini.

Adanya teks ini memungkinkan para audiens memahami informasi yang tertera di dalam gambar. Secara teknis, alt text berada dalam kode HTML. Jadi, pada saat website mengalami masalah, maka yang Anda lihat adalah teks tersebut.

Fungsi Alt Text untuk SEO

Kehadiran teks alternatif memiliki peran yang sangat penting untuk SEO atau search engine optimization. Beberapa manfaatnya yaitu:

1. Memudahkan Akses

Manfaat pertama yang bisa Anda rasakan yaitu teks alternatif ini mempermudah akses para pengguna menuju ke suatu laman website. Kehadiran teks tersebut membantu dalam memahami isi serta arti gambar.

Tanpa adanya alt teks, para pengguna mungkin melihat objek gambar dengan berdasarkan pemahaman atau sudut pandangnya sendiri. Bisa jadi yang mereka pahami malah berbeda dari tujuan penyematan gambar tersebut.

Maka dari itu, mesin pencari menjadikan teks alternatif sebagai salah satu indikator SEO karena berkaitan dengan kemudahan atau aksesibilitas para pengguna. Itu artinya, Anda dapat mengoptimalkan konten Anda dengan memasukkan alt text ini pada setiap gambar yang Anda upload.

2. Meningkatkan Relevansi Topik

Berikutnya, teks alternatif berfungsi untuk membantu search engine dalam mengetahui relevansi konten. 

Robot atau sistem pada mesin pencari sekarang sudah semakin canggih. Akan tetapi, kemampuan robot tersebut masih belum bisa dalam mendeteksi relevansi sebuah konten. Untuk itu, perlu adanya teks alternatif untuk membantu robot tersebut memahami dan menangkap arti maupun maksud gambar tersebut.

3. Meningkatkan Ranking

Menambahkan alt text adalah upaya yang bermanfaat untuk membantu konten Anda menempati posisi teratas pada search engine lewat fitur pencarian gambar. Selain menelusuri konten berdasarkan keyword, banyak website yang memperoleh trafik cukup tinggi lewat fitur Google Images.

Teks alternatif memungkinkan gambar yang Anda unggah bisa muncul pada SERP. Kemudian Google akan menganggapnya sebagai konten yang relevan berdasarkan informasi yang dibutuhkan user. Perlahan peringkat website Anda pun akan meningkat.

4. Sebagai Anchor Text untuk Tautan Gambar

Alt text juga bisa menjadi anchor text untuk tautan gambar. Tujuannya untuk meningkatkan relevansi topik terhadap konten lainnya yang sejenis. Selain teks, Anda juga bisa menempatkan tautan pada gambar. Tujuannya untuk mengarahkan para pengguna menuju halaman lain. 

Akan tetapi, Anda perlu memahami bahwa memberikan link gambar tersebut harus benar-benar relevan dengan halaman atau konten yang dituju. Jadi, Google menganggap konten Anda berkualitas tinggi. Google juga akan memberikan penilaian yang bagus untuk konten Anda. 

Jika ternyata tautan tersebut tidak relevan, Google malah menganggapnya sebagai spam.

Cara Kerja Alt Text

Bagaimana cara kerja teks alternatif ini? Sebenarnya Anda bisa menemukan alt text ini pada saat situs mengalami kendala. Misalnya saat website tersebut gagal memuat gambar, maka teks alternatif inilah yang nantinya muncul di search engine. Kemudian Anda dapat memahami maksud dari gambar tersebut melalui alt teksnya. 

Selain itu, teks tersebut sebenarnya bukan hanya Anda temukan pada website. Anda juga bisa menemukannya pada media sosial, salah satunya Instagram.

Beberapa tips penting bagi yang ingin menulis alt text adalah sebagai berikut:

1. Pastikan Akurat

Deskripsi teks yang nantinya Anda tulis di gambar harus akurat. Ketika Anda membuat teks ini, maka Anda perlu menyesuaikannya dengan gambar. Selain itu, sebaiknya Anda tidak menulisnya secara singkat. Hal tersebut dapat membuat maksud gambar tidak bisa dipahami secara baik. 

Untuk tingkat akurasi teks bisa Anda cocokkan dengan jenis gambar. Misalnya gambar “seseorang memegang laptop”. Anda bisa membuatnya secara lebih spesifik dengan “wanita yang mengoperasikan laptop di atas meja”.

Dengan membuatnya akurat, maka search engine bisa lebih mudah menampilkan gambar milik Anda. Tinggal menyesuaikannya dengan keyword yang diinput para pengguna.

2. Detail

Untuk membuat gambar Anda mudah dipahami audiens dan search engine, maka teks alternatif ini juga harus Anda tulis secara singkat dan jelas. Pastikan alt text tersebut menggambarkan isi konten yang Anda buat.

Misalnya, daripada hanya menulis “HP Samsung”, akan lebih baik Anda menulisnya secara spesifik. Anda bisa mengubahnya menjadi “HP Samsung A71”. Tujuannya untuk memudahkan mesin pencari agar tidak menampilkan gambar merek HP lain.

3. Hindari Pemborosan Kata

Meskipun Anda harus menulisnya secara detail, namun jangan sampai terjadi pemborosan kata, misalnya dengan menambahkan frasa “gambar ini menunjukkan” atau “gambar ini adalah”. 

Search engine sudah bisa memahami maksud penerapan gambar tersebut dengan berdasarkan kode HTML. Jadi, Anda tidak perlu menulisnya kembali. Hal tersebut akan berpotensi menjadikan Google menganggapnya sebagai spamming keyword.

4. Tidak Lebih 125 Karakter

Tools content-reading akan berhenti membaca teks alternatif setelah lebih dari 125 karakter. Ini menunjukkan jika karakter yang Anda tulis lebih dari 125 karakter malah membingungkan pembaca karena tak terbaca seluruhnya.

Kesimpulan

Jadi, alt text adalah teks yang SEO memiliki peran yang krusial dalam image SEO. Karena perannya yang sangat penting inilah Anda tidak boleh melewatkan untuk tidak menambahkan teks alternatif pada konten Anda.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *